Monday, December 16, 2013

5 Bahan alami untuk mengobati sakit gigi berlubang

Idlifeinfo.blogspot.com - Penyakit gigi akibat gigi berlubang bukanlah penyakit yang bisa dianggap enteng sebab jika sakitnya kambuh maka tidak main-main produktifitas kita akan terganggu akibat nyeri yang ditimbulkan sangat mengganggu.

Jika anda mengalami sakit gigi karena gigi yang berlubang maka cara yang paling aman adalah memeriksakan ke dokter gigi agar bisa diambil tindakan pengobatan dan pencegahan terhadap kerusakan gigi lebih lanjut.

(c) shutterstock.com

Selain itu anda bisa mencoba beberapa alternatif bahan alami dibawah ini untuk menghilangkan sementara nyeri sakit gigi berlubang seperti yang dijelaskan pada artikel berikut ini.


Mengobati gigi yang sakit dengan belimbing wuluh

Cara yang paling mudah untuk mengatasi sakit gigi berlubang adalah menggunakan belimbing wuluh. Kandungan senyawa basa dan antibakteri pada buah ini cukup ampuh untu menghilangkan nyeri pada gigi.

Jika gigi sakit, ambil sebuah belimbung wuluh yang diberikan garam sedikit kemudian makan dan kunyah seperti mengonsumsi buah seperti biasanya. Disarannya untuk mengunyah buah ini menggunakan gigi yang sakit agar khasiatnya bekerja. Memang pada awalnya akan sedikit sakit, namun nyeri gigi akan berangsur menghilang setelah beberapa saat.

Mengobati nyeri gigi dengan garam

Garam memang sudah terkenal ampuh untuk mengobati nyeri pada gigi akibat gigi berlubang. Selain itu garam juga mudah didapatkan karena dipakai sebagai bumbu dapur utama sehingga cenderung sering dipakai dari pada bahan lainnya untuk mengobati sakit gigi.

Untuk mengatasi sakit gigi, larutkan garam di dalam segelas air putih hangat sampai larut sepenuhnya kemudian digunakan untuk berkumur. Air garam ini tidak perlu diminum dan bisa dibuang setelah dirasa nyeri gigi sudah berangsur berkurang.

Memakai bawang putih

Bawang putih juga merupakan bumbu dapur yang mudah ditemukan. Selain dapat menurunkan kolesterol maupun tekanan darah tinggi, bawang putih juga cukup ampuh untuk mengobati sakit gigi berlubang karena memiliki kandungan antiseptik yang telah teruji.

Untuk mengobati sakit gigi, siapkan 1 siung bawang putih ukuran sedang lalu tumbuk dan letakkan pada bagian gigi yang sakit menggunakan jari kemudian diamkan selama 5 menit. Setelah itu bersihkan sisa bawang putih yang ada di gigi dengan berkumur air hangat.

Menggunakan bawang merah

Salain bawang putih, bawang merah juga cukup ampuh untuk mengobati gigi berlubang karena didalamnya terkandung bahan antimikroba. Untuk mengobati sakit gigi dengan bawang merah caranya cukup mudah yaitu ambil satu buah bawang merah ukuran sedang kemudian memarkan dan letakkan dengan cara agak menekan pada gigi yang sakit selama beberapa menit. Setelah nyeri hilang maka berkumurlah dengan air putih.

Memakai merica

Memakai merica juga cukup ampuh untuk menghilangkan nyeri pada gigi. Untuk mengobati sakit gigi, kita bisa mengkombinasikan merica dengan garam. Caranya campurkan merica dan garam lalu haluskan kemudian berikan beberapa tetes air. Campuran ini kemudian akan membentuk pasta yang bisa dioleskan pada gigi yang sakit. Lakukan terapi ini setiap hari sampai nyeri pada gigi berangsur membaik.

No comments:

Post a Comment