Sunday, December 15, 2013

4 Cara alami menurunkan kadar kolesterol tinggi

Idlifeinfo.blogspot.com - Kolesterol sejatinya diproduksi secara alami dalam tubuh untuk membentuk dinding sel dan pembentukan berbagai hormon penting dalam darah. Kolesterol yang diproduksi tubuh dalam sel darah melalui organ hati ini juga bisa memperburuk kesehatan, contoh yang paling dekat adalah pemicu timbulnya penyakit jantung koroner jika kadarnya berlebihan.

Kadar kolesterol berlebihan yang dapat memicu penyakit yang berhubungan dengan jantung disebabkan karena kadarnya yang telah melebihi ambang batas normal. Kolesterol dalam kadar normal adalah konsentrasi kolesterol dalam tubuh kurang dari 200 mg/dl. Apabila jumlah konsentrasi kolesterol dalam darah anda sudah di atas 240 mg/dl, maka kemungkinan besar anda akan beresiko terserang penyakit berbahaya seperti storke maupun serangan jantung.

(c) shutterstock.com

Adapun penyebab utama dari meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh diantaranya pola makan dan diet yang kurang sehat dan teratur seperti melonjaknya kadar lemak jenuh yang memicu kerja hati untuk memproduksi kolesterol secara berlebihan.


Untuk meminimalkan resiko kelebihan kolesterol dalam darah, berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk dikombinasikan dengan pengobatan medik yang akan menurunkan kadar kolesterol jahat secara signifikan dalam tubuh anda.


Cara menurunkan kolesterol dengan belimbing manis

Belimbing manis banyak mengandung serat yang dapat menurunkan kolesterol secara signifikan. Serat yang tinggi pada belimbing manis akan menyerap lemak yang berefek langsung pada penurunan kolesterol maupun tekanan darah yang tinggi. Selain serat yang juga memperlancar pencernaan, belimbing juga mengandung vitamin C dengan kadar cukup tinggi yang berperan sebagai salah satu anti oksidan untuk mencegah kanker.

Untuk menurunkan kolesterol siapkan 2 buah belimbing manis ukuran besar kemudian dimakan seperti layaknya buah pencuci mulut setelah makan pada pagi hari dan malam hari masing-masing 1 buah.

Cara menurunan kolesterol dengan kubis

Kubis atau yang lazimnya disebut kol merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung nutrisi penyangga tubuh seperti air, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, serat, fosfor, tinamide, betakaroten serta berbagai jenis mineral dan protein penting lainnya.

Selain itu kubis juga memiliki kandungan senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutatione dalam darah yang akan mengikat oksigen lebih lama yang akan meningatkan daya tahan tubuh.

Untuk menurunan kolesterol dengan kubis siapkan satu buah kubis segar kemudian cuci hingga bersih dan bilas dengan air matang. Potong kubis seperlunya lalu dibuat jus dengan blender. Air sari kubis dari jus tersebut kemudian dimunum dan dikonsumsi setiap hari sesuai dengan keperluan dan tingkat kolesterol anda.

Cara menurunkan kolesterol dengan alpukat

Buah alpukat mengandung banyak asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan nutrisi pada alpukat diatas telah teruji secara klinis mampu menurunkan kadar triglisterida dan kolesterol jahat dalam darah.

Untuk menurunkan kolesterol dengan buah alpukat caranya cukup mudah. Ambil satu buah alpukat matang dan makan mentah alpukat tersebut sehabis makan pada pagi hari. Untuk mengambil manfaat dari buah alpukat, anda juga bisa membuat jus alpukat dengan sedikit gula jika anda kurang suka dengan rasa tawar dari buah alpukat tersebut.

Cara menurunan kolsterol dengan bawang putih

Bawang putih selain sebagai bumbu dapur juga sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Bahan aktif dalam bawang putih diantaranya s-allyl cysteine, serta suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik yang menurut sebuah study pada sebuah universitas di munich, jerman dapat menurunkan kolesterol jahat secara signifikan sekitar 10% dalam waktu 4 bulan.

Untuk menurunkan kolesterol dengan bawang putih, siapkan beberapa bawang putih kemudian diiris tipis-tipis kemudian dipipihkan dalam bentuk bulatan kecil. Bawang putih tersebut kemudian ditelan dan lakukan minimal 2 kali sehari. Selain itu juga sebaiknya memperbanyak konsentrasi bawang putih sebagai bumbu dapur dalam menu makanan anda sehari-hari.

Nah, beberapa cara diatas akan lebih maksimal apabila dibarengai dengan gaya hidup sehat dengan nutrisi seimbang dan olahraga yang cukup. Selain itu sebaiknya periksakan diri anda secara rutin untuk medical checkup untuk mengambil tindakan medik yang preventif terhadap hal-hal yang tidak dinginkan.

No comments:

Post a Comment