Sunday, December 8, 2013

Bagaimana cara membaca simbol pada pakaian

Idlifeinfo.blogspot.com - Dalam upaya merawat pakaian yaitu untuk membuat serat kain pada paaian tetap baik dan warnanya tidak pudar, tindaan mencuci pakaian secara lebih sering tidak perlu dilakukan karena pada dasarnya tiap jenis pakaian membutuhkan perlakukan khusus berdasarkan kondisi dan jenis kain pada pakaian tersebut.

Pada tiap pakaian akan terdapat beberapa simbol yang disematkan yang menjadi tanda cara memperlakukan pakaian agar lebih awet. hal ini penting untuk membuat pakaian anda yang bisa saja mahal akan tetap baik untuk dikenakan pada kali kedua.

(c) carapedia.com

Nah, berikut ini beberapa penjelasan mengenai cara membaca simbol pakaian yang bisa anda lihat dan pelajari sendiri.



Bagaiaman membaca simbol pada pakaian

Temperatur
Jika tidak ada tanda - di bawah tulisan temperatur. Artinya, pakaian tersebut bebas dicuci dengan cara atau kondisi apapun, di bawah batas suhu 40 derajat celcius.

Jika ada tanda - di bawah tulisan temperatur. Artinya, pakaian butuh perlakuan khusus, agar bahan sintetik pakaian lebih awet.

Jika ada dua tanda - di bawah tulisan temperatur. Artinya, pakaian ini membutuhkan perlakuan wool-wash. Sehingga tidak bisa dicuci di sembarang mesin.

Mengeringkan
Bila ada gambar lingkaran di dalam sebuah kotak, artinya ini adalah panduan mengeringkan pakaian. Pakaian harus dikeringkan dengan suhu rendah bila hanya ada satu titik di dalam gambar. Sedangkan bila ada dua titik, maka pakaian dapat dikeringkan dengan suhu tinggi. Namun, bila ada tanda silang pada logo, maka pakaian ini tak boleh dikeringkan dengan mesin.

Mencuci dengan tangan
Bila ada logo mencuci dengan tangan, artinya pakaian jenis ini cukup sensitif sehingga hanya bisa dicuci dengan tangan saja. Mencuci dengan mesin cuci akan membuat bahannya mudah rusak, atau bisa jadi rusak sekejap. Perhatikan dengan baik apabila ada logo gambar tangan di label baju Anda.

Dry cleaning
Dry clean bermanfaat untuk menghilangkan noda membandel seperti tanah liat, cat, atau bahan kimia yang tumpah dan menempel, dengan menggunakan sedikit air, atau tanpa bantuan air sama sekali. Metode membersihkan ini memang cukup ampuh, namun sayangnya pakaian seringkali mengkerut atau warnanya pudar.

Nah, pakaian yang boleh dicuci dengan metode dry cleaning adalah pakaian yang memiliki gambar lingkaran. Sedangkan yang tak boleh didrycleaning, bergambar lingkaran dan dicoret dengan tanda silang. Logo P/W/F di dalam lingkaran artinya drycleaning harus dilakukan oleh profesional.

Menyeterika
Gambar jumlah setrika pada pakaian melambangkan tingkat sensitifitas pakaian terhadap suhu panas ketika disetrika. jika ada satu gambar setrika maka pakaian harus disetrika dengan suhu yang rendah saja agar tidak merusak kain. Jika ada dua gambar setrika maka pakaian diperbolehkan dengan suhu sedang atau menengah. Jika ada gambar tiga setrika maka pakaian memerlukan suhu yang tinggi agar bisa rapi saat disetrika.

Pemutih
Kadang, untuk menghilangkan noda yang membandel, kita sering menggunakan bantuan pemutih pakaian. Padahal, baju berwarna seharusnya tidak dianjurkan menggunakan pemutih pakaian. Nah, pakaian dengan logo segitiga, adalah pakaian yang diperbolehkan menggunakan pemutih pakaian. Sedangkan logo segitiga dengan tanda silang, artinya tak boleh dicuci dengan pemutih pakaian.


Demikian beberapa panduan membaca simbol pakaian yang bisa diberikan kali ini, semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda dalam usaha merawat apapun jenis pakaian anda.

No comments:

Post a Comment