Monday, December 2, 2013

Manfaat dan khasiat buah semangka untuk kesehatan

Idlifeinfo.blogspot.com - Buah semangka adalah buah yang mudah ditemui dan digemari seluruh kalangan masyarakat. Buah yang kaya akan air dan mengandung banyak serat ini selain sebagai buah pencuci mulut juga mengandung berbagai nutrisi dan gizi yang penting untuk kesehatan.

Berikut ini adalah berbagai manfaat dan khasiat buah semangka yang jarang diketahui :

(c) shutterstock.com

1. Pencegahan jerawat

Jika anda memiliki kulit yang berminyak tentunya akan rentan ditumbuhi jerawat. Nah, anda dapat memakai buah semangka untuk mencegah timbulnya lebih banyak jerawat dengan memakai masker semangka.


Untuk memakai masker semangka cukup dengan membuah jus buah semangka yang dicampurkan dengan madu dan yoghurt, kemudian cairan jus ini di bubuhkan ke atas sepotong kapas dan oleskan secara merata ke atas wajah dan leher. Memakai masker buah semangka ini dapat anda aplikasikan sehari-hari.

2. Antioksidan untuk mencegah penuaan dini

Buah semangka memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk mencegah penuaan dini. Zat antioksidan yang terkandung dalam semangka diantaranya likopen, Vitamin A dan Vitamin D. Nutrisi yang terkandung dalam semangka dapat melindungan tubuh terutama kulit dari radikal bebas untuk mencegah munculnya tanda penuaan lebih awal.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari manfaat antioksidan buah semangka, anda bisa membuatnya sebagai masker kulit dan juga mengonsumsi buahnya setiap hari.

3. Pencegahan Dehidrasi

Buah semangka mengandung air sekitar 90% yang membuatnya sangat efektif untu mencegah dehidrasi untuk anda yang sering beraktifitas padat. Buah semangka akan sangat cepat diserap oleh tubuh karena mengandung beta karoten yang berfungsi sebagai elektrolit yang bisa bereaksi secara efektif mengganti cairan tubuh yang hilang.

4. Menunjang kesehatan kulit

Untuk anda yang memiliki kulit kering dan kusam ataupun kulit yang mengandung banyak minyak, anda bisa menggunakan buah semangkan untuk dioleskan langsung pada kulit atau dikonsumsi sebagai buah segar. kandungan vitamin A dan Vitamin D pada semangkan sangat baik untuk menormalkan dan meremajakan kulit, dimana nutrisi tersebut akan memperlancar metabolisme kulit sehingga regenerasi kulit akan lebih cepat.

No comments:

Post a Comment